Senin, 20 November 2017

Membuat DHCP Server di Linux Ubuntu 14.04


Image result for ubuntu




Berikut adalah langkah - langkah untuk menginstall DHCP Server pada Linux Ubuntu 14.04 :

1. Buka Terminal pada Linux atau gunakan Alt+T

2. Ketikan sudo su untuk login / akses root

3. Kemudian update Ubuntu terlebih dahulu dengan mengetikan 
apt-get update

4. Baru lah kita menginstall DHCP dengan mengetikan
apt-get install isc-dhcp-server

5. Kemudian lakukan update pada konfigurasi DHCPnya pada editor nano dengan mengetikan
nano /etc/dhcp/dhcpd.conf

6. Hapus tanda # (pagar) pada setiap awal baris untuk menjadikan baris tersebut sebagai perintah, bukan komentar. Sebagai contoh seperti gambar dibawah ini :



7. Dari gambar di atas, bagian yang diberi tanda dapat kita dapat konfigurasi


  • 10.5.5.0 ==> IP Network
  • 10.5.5.26 10.5.5.30 ==> Batas IP yang dapat digunakan oleh client

8. Kemudian restrart DHCP dengan mengetikan
/etc/init.d/isc-dhcp-server restart
9. Selesai.


==================================================================


Untuk membuktikan apakah penginstallan DHCP tersebut berhasil atau tidak dengan melakukan pengujian pada computer milik client

1.  Buka Control Panel > Network and Internet

2. Buka network connection > Klik kanan pada Local Area Connection > Properties



3. Klik TCP/IPv4 > Properties




4. Pilih Obtain > Ok



5. Klik kanan Local Area Connection > Status > Details



6.  Jika IP Address dan IP Gateway sudah sesuai dengan server, pemasangan DHCP sudah berhasil

DHCP Server siap digunakan!


Senin, 05 Juni 2017

Review Game - SimCity : BuiltIt


Tampilan awal game
Sumber : ardiologi.com


Apaan sih SimCity? SimCity BuildIt adalah SimCity versi PC yang EA keluarkan khusus untuk pengguna mobile, mirip seperti versi PCnya. Game ini lebih terlihat sebagai game simulasi yang penuh dengan waktu menunggu. Membangun apapun itu atau memproduksi sesuatu, selalu diikuti dengan waktu tunggu sekian detik atau menit, tergantung jenisnya. Mirip dengan permainan The Sims, bedanya adalah disini kita membangun kota, bukan rumah tangga hehe.

Tampilan Game SimCity : BuiltIt
Sumber :  Dokumen Pribadi

Dalam permainan ini, kita akan berperan sebagai walikota yang tugasnya membangun kota agar warganya bahagia. Dari kota yang ga ada apa-apanya, jadi kota megapolitan yang modern dan ramai penduduknya. Sebelum menjadi kota megapolitan, pastinya perlahan kita harus membangun kota dari nol. Dari yang rumahnya cuma satu, sampai rumah elit yang dihuni oleh banyak orang.

Sebelum mambangun tempat tinggal, pertama adalah kita membangun pabrik yang mensuplai bahan-bahan untuk membangun dan mengembangkan rumah. Syaratnya adalah kira memperkirakan jarak aman lokasi pabrik dengan lokasi pemukiman penduduk. Selain itu pabrik-pabrik dan perumahan harus nempel dengan jalanan, supaya warganya punya akses masuk. 

Pabrik tempat membuat bahan pembangunan kota
Sumber : Dokumen Pribadi

Disini kita juga harus membangun jalanan, kerennya kalau jalanannya mulai padat dan penduduknya banyak yang protest, kita bisa upgrade jalan tersebut supaya ga macet lagi. Situasinya pun dibuat serealistis mungkin, seperti ada siang dan ada malam. Ada juga bencana yang bisa kita ciptakan sendiri jika mencapai pada level tertentu.
Toko-toko kebutuhan warga kotaa
Sumber : Dokumen Pribadi

Dalam membangun dan mengembangkan perumahan, tentunya kita juga harus menempatkan sumber daya air dan listrik. Selain itu kita juga harus membangun fasilitas penunjang seperti kantor pemadam, kantor polisi, toko, dan taman hiburan supaya warganya tetap nyaman dan tingkat kebahagiaannya tinggi.
Kita juga dapat menjual dan membeli barang kebutuhan untuk pembangunan yang dapat di jual pada Trade Center. Kemudian pada level tertentu, kita juga dapat membangun bandara, pelabuhan, bahkan pusat bencana.
Tempat penjualan bahan
Sumber : Dok. Pribadi
Tempat pembelian bahan
Sumber : Dok. Pribadi

Eit, keliatannya sih gampang ya.. tapi kenyataannya kita harus sabar nunggu pembangunan dan proses pembuatan bahannya loh. Apalagi kalau pembangunan kita lambat, banyak warga yang protes sehingga tingkat kebahagiaannya dapat menurun drastis.
Selain itu untuk memenuhi segala kebutuhan warganya pastinya gak gratis, kita membutuhkan uang yang didapat setiap kita berhasil menjual barang maupun setiap mengembangkan sebuah bangunan. Dalam game ini, juga disediakan balai kota tempat para warga membayar pajak, tentu ini juga salah satu sumber pemasukan kota. 
Pada segi visual dan gameplay-nya, dapat dikatakan game ini merupakan salah satu game terbaik. Terlebih untuk orang-orang yang senang bermain game simulasi seperti saya hehe. 
Kelebihan lainnya yang saya sukai dari game ini adalah layout atau tata letak bangunan yang dapat dipindahkan sesuka hati kita tanpa perlu adanya biaya. Game ini juga menyediakan pembelian uang dalam permainan dengan pembayaran melalui kartu kredit. Namun, bagi kalangan kere macam saya tentunya harus lebih banyak bersabar dalam mengumpulkan pundi-pundi uang yang hanya bersumber dari permainannya saja. 
Kekurangan dari game ini, yaitu menguras cukup banyak baterai, sehingga harus sering ngecharge, apalagi gamenya bikin ketagihan. Satu lagi, game ini juga butuh koneksi internet, sehinggu cukup menghabiskan banyak kuota.


Senin, 27 Maret 2017

PENGANTAR TEKNOLOGI GAME - 2

 Interaksi Fisik dalam Teknologi Game


Cheat Code Central


Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan dalam diri. Selain itu game juga berfungsi untuk menghilangkan penat. Harus diakui bahwa seluruh kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa banyak yang menikmati Game dan memanfaatkannya sebagai media hiburan.

Gaming dapat melibatkan aktivitas fisik seperti game tinju, tennis, sepakbola yang mengharuskan anda untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh anda sesuai tema video game yang dimainkan. Untuk mendapatkan seperangkat konsol tersebut tidaklah perlu mengeluarkan kocek yang dalam.

Game konsol modern saat ini sudah dilengkapi dengan perangkat gerak yang melibatkan aktivitas fisik sehingga permainan video game dapat sekaligus melatih otot dan gerak selayaknya berolahraga, seperti halnya yang disediakan oleh konsol Nintendo Wii, PS3 Move, atau yang lebih canggih lagi, XBox 360 Kinect.

Kinect adalah perangkat input untuk mendeteksi gerakan yang diproduksi oleh Microsoft untuk Video Game XBOX 360 dan PC dengan system operasi Windows. Dengan menggunakan kamera yang mirip dengan webcam, memungkinkan Kinect untuk menangkap gerakan pengguna yang akhirnya pengguna tidak perlu menyentuh secara langsung controller game. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan yang alami.
Sensor Kinect terdiri dari sebuah horizontal bar yang terhubung pada kaki kecil dengan sebuah poros yang dilengkapi motor dan didesain memanjang diatas atau dibawah video display. Alat ini memiliki sebuah kamera RGB, sensor kedalaman dan multi-array michrophone yang dilengkapi software, yang mampu menyajikan pengenalan secara 3D pada seluruh tubuh dan juga kemampuan pengenalan suara.
Sensor kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared yang dikombinasikan dengan sensor CMOS yang menangkap data video dalam bentuk 3D pada kondisi cahaya ambien. Jarak penginderaan dari sensor kedalaman dapat diatur, dan software Kinect secara otomatis mampu melakukan kalibrasi pada sensor berdasarkan gameplay dan lingkungan fisik pemain, mampu mengakomodasi adanya furnitur atau halangan lainnya.


User Interface pada Game Komputer

EQ2 Wiki - Wikia



Sebuah Desain Interface/antarmuka pada suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut. Desain user interface dalam game berbeda dari desain user interface lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatardari pengguna yang sebenarnya atau player. User interface sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoprasikan suatu perangkat komputer menjadi lebih mudah.

Non-Diegetic
Desain  Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya Contoh: Elemen HUD, kursor mouse, mini map, skills, dll.

Diegetic
Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Assassin’s Creed.

Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain. Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. 

Spatial
Desain user interface dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player. Pemain menjadi elemen tak terlihat, tapi kunci untuk cerita, seperti halnya narator dalam novel atau film. Fiksi ini dapat langsung dihubungkan ke UI, sebagian terkait, atau tidak sama sekali. Game historis tidak memiliki hubungan nyata untuk narasi game, kemungkinan besar karena game semasa dulu jarang memiliki unsur-unsur cerita yang kuat.



Penampilan Grafik Scene Game Komputer

GameSpot

A. Visibility

Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga user menikmati game tersebut. Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:

  1. Tiga Dimensi object/model
  2. Dua Dimensi graphic


B. Level of Detail

LOD biasanya digunakan untuk mengatur material yang akan diaplikasikan pada model objek. Disebut level karena tingkat pengaturannya berbeda-beda tergantung dari seberapa jauh jarak antara model dengan viewer.

Ketika model berada pada jarak dekat dengan viewer, model sebaiknya di-render dengan detail sebanyak mungkin. Namun sebaliknya jika model berada pada jarak yang jauh dari viewer lebih baik jangan menampilkan model dengan sangat detail agar tidak mengganggu performance dan agar hasilnya justru dapat meningkatkan performance.

Untuk konsep menggambar LOD sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan. Baru-baru ini, teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol kompleksitas pixel. Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan untuk tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan kualitas rendering yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang lumrah untuk mengatakan bahwa “sebuah objek telah LOD’d” ketika objek disederhanakan oleh mendasari algoritma LOD-ing.


Game Berjaringan

Wallpapers-Web Blog

Sebuah game online adalah permainan video yang dimainkan selama beberapa bentuk jaringan komputer , menggunakan komputer pribadi atau konsol video game. Jaringan ini biasanya internet atau teknologi setara, tetapi game selalu digunakan apa pun teknologi yang saat ini:modem sebelum Internet, dan keras kabel terminal sebelum modem.Perluasan game online telah mencerminkan keseluruhan perluasan jaringan komputer dari jaringan lokal kecil ke internet dan pertumbuhan akses internet itu sendiri. Game online dapat berkisar dari yang sederhana lingkungan berbasis teks grafis game menggabungkan kompleks dan dunia maya dihuni oleh banyak pemain secara bersamaan. Banyak permainan online terkait komunitas online, membuat game online suatu bentuk kegiatan sosial di luar permainan pemain tunggal.

Dalam game berjaringan ini kita pasti akan akrab dengan yang namanya PING. Ping ini berperan dalam masalah real time atau ketepatan waktu pergerakan game dengan perangkat lain. Semakin besar ping maka semakin buruk, dan semakin kecil ping maka akan semakin baik dalam bermain Game Berjaringan ini. Jadi, bila ping besar maka pergerakan game akan tidak sinkron dengan gerakan game lain. Disarankan bila bermain Game Berjaringan kita disarankan untuk menggunakan jaringan via kabel, karena bila kita gunakan jaringan via wireless maka akan banyak noise frekuensi yang dapat merusak sinyal ping keselarasan pergerakan game. dengan demikian kita dapat simpulkan bahwa untuk bermain Game yang Berjaringan unutk memakai internet atau jaringan via kabel agar lebih stabil.




Referensi :
http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html
http://mustikanitaaa.blogspot.co.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html
elib.unikom.ac.id/download.php?id=96254

Senin, 20 Maret 2017

PENGANTAR TEKNOLOGI GAME - 1

Teknologi Game

www.dnaindia.com

Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk menyediakan sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan.
Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai dikenal sebelum sains dan teknik. Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan.
Kata game bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Selain itu, game bertujuan untuk menghibur. Game sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. 


Bisnis dalam Game Komputer
finansialku.com

Bisnis dalam Game Komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang. 
Contoh untuk bisnis dalam game komputer itu beragam. Seperti kita dituntut melakukan pembayaran untuk game tersebut. Maksud dari pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu: 

- Pay Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh: AyoDance, PointBlank, DoTA, dll.

- Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: PES, FIFA, dll.


3D Engine dan Scene Graph

freesg.com

3D Engine merupakan suatu software yang digunakan untuk membuat game dengan fungsi sebagai renderer grafik 3D, physics engine, pengatur audio, scripting, animasi game, AI (Artificial Intelligence), networking, streaming, pengaturan memori, localization support, dan pengaturan grafik. Salah satu contoh 3d engine adalah Cry engine, Unity3D, Gamemaker dll. Dibawah ini merupakan contoh game menggunakan Cry engine ini adalah Crysis.


Scene Graph adalah struktur data umum yang biasa digunakan oleh aplikasi grafis editing berbasis vektor dan permainan komputer modern, yang mengatur  representasi dari adegan grafis. Contoh programnya seperti Acrobat 3D, Adobe Illustrator, AutoCAD, CorelDRAW, OpenSceneGraph, OpenSG, VRML97, X3D, Hoops dan Open Inventor.

A. OGRE

Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class objek yang lebih tinggi.

OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering engine bukan complete game engine. Tujuan utamanya dari OGRE adalah untuk memberikan solusi umum untuk grafis rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain. Namun hal ini hanya merupakan tambahan saja. Ini bukanlah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development / simulasi karena OGRE tidak menyediakan audio / physics support, oleh karena itu kita masih menggunakan beberapa library lain untuk GUI, sound, dll. Hal ini menjadi salah satu dari kelemahan OGRE.

Dibalik kelemahannya tersebut, tentu saja OGRE juga punya di antaranya adalah kemampuan grafis dari engine ini, yaitu bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics apapun, input, audio, dan library lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk fokus pada graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE dapat mensuport OIS, SDL, CEGUI libraries, dan juga Cg Toolkit. Sekarang ini OGRE adalah publish dibawah dua lisensi / lisensi ganda, yaitu LGPL & OUL. Maka sekarang ini para publish tersebut membuka OGRE sebagai free / open-source software.

B. Processing

Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.

C. Game Maker

Game Maker adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3 dimensi dan Multiplayer. Game Maker dapat menjadikan hak penuh dari software (game) yang anda buat termasuk dapat menjual game tersebut, bahkan bisa mendownload musik, efek suara, gambar, script, serta background.

D. OpenScene Graph

OpenSceneGraph merupakan open source kinerja tinggi toolkit grafis 3D, yang digunakan oleh pengembang aplikasi di bidang-bidang seperti simulasi visual, game, virtual reality, visualisasi ilmiah dan pemodelan. Seluruhnya ditulis dalam Standard C ++ dan OpenGL berjalan pada semua platform Windows, OSX, GNU / Linux, IRIX, Solaris, HP-UX, AIX dan sistem operasi FreeBSD. The OpenSceneGraph sekarang mapan sebagai teknologi adegan grafik terkemuka dunia, yang digunakan secara luas dalam vis-sim, ruang, ilmiah, minyak-gas, game dan industri virtual reality.

E. Unity 3D

Unity merupakan ekosistem pengembangan game: mesin render yang kuat terintegrasi dengan satu set lengkap alat intuitif dan alur kerja yang cepat untuk membuat konten 3D interaktif, penerbitan multiplatform yang mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di Asset Store dan berbagi pengetahuan di komunitas.

Untuk developer dan studio independen, Unity dengan demokratisasi ekosistem menghancurkan waktu dan biaya hambatan untuk menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan Unity untuk membangun penghidupan melakukan apa yang mereka suka: menciptakan permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain pada platform apapun.

Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.



Desain Skenario, Script dan Storyboard Game Komputer

cs.cornell.edu

Game Design Concept merupakan bahasa terjemahan dari konsep desain permainan, atau bias disebut juga Perancangan konsep permainan. Secara garis besar definisinya adalah suatu proses pengembangan atau perancangan dalam membangun sebuah skenario seperti desain gameplay, karakter atau tokoh, lingkungan, selama tahap produksi game tersebut. Perancang game bias disebut juga sebagai sutradara pada sebuah film, karena membutuhkan skenario dan adegan yang dibintangi oleh masing-masing karakter pada game tersebut. 

Script adalah suatu uraian interaksi manusia dengan mesin yang membantu proses desain dan berfokus pada keperluan user yang berbeda sehingga dapat digunakan untuk aktivitas desain.

Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.

Tujuan Storyboard yaitu sebagai panduan bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya, mulai dari sutradara, penulis cerita, lighting dan kameramen memungkinkan seorang pembuat film untuk memprevisualisasikan ide-idenya Sebagai Alat untuk mengkomunikasi ide keseluruhan film menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita Berperan dalam pewaktuan (timing) pada squence, percobaan-percobaan dengan sudut pandang kamera, perpindahan dengan kesenambungan (countinuity) antara element-element dalam sebuah frame.


Artificial Intelligent Pada Game 

youtube.com

Kecerdasan buatan kerap diidentikkan dengan kemampuan robot yang dapat berperilaku seperti manusia. Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Dalam perkembangannya kecerdasan buatan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  • Sistem Pakar (Expert System), komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa inggris, bahasa indonesia, dan sebagainya.
  • Pengenalan Ucapan (Speech Recognition), manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
  • Robotika & Sistem Sensor.
  • Computer Vision, menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.
  • Intelligent Computer-Aided Instruction, komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar.
  • Game Playing.
  • Soft Computing
A. Decision Making: Decision Tree, State Machine dan Rule Systems

wikipedia.org

Decision making yaitu suatu pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Decision making game merupakan suatu pemecahan masalah dalam pembuatan permainan dan menentukan solusi dari suatu masalah tersebut.
Decision Making bisa terjadi apabila mengalam 3 situasi diantaranya :
  • Decision making under certainty. Misal: Linear Programming
  • Decision making under risk (uncertainty). Misal: Maximax, maximin, dll.
  • Decision making in conflict. Dengan Game Theory
Pohon Keputusan (Decision Tree) merupakan metode klasifikasi dan prediksi yang sangat kuat dan terkenal. Metode pohon keputusan mengubah fakta yang sangat besar menjadi pohon keputusan yang merepresentasikan aturan. Aturan dapat dengan mudah dipahami dengan bahasa alami. Aturan ini juga dapat diekspresikan dalam bentuk bahasa basis data seperti SQL untuk mencari record pada kategori tertentu. Pohon keputusan juga berguna untuk mengeksplorasi data, menemukan hubungan tersembunyi antara sejumlah calon variabel input dengan sebuah variabel target. 

Finite State Machines (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Pada satu saat dalam periode waktu yang cukup signifikan, sistem akan berada pada salah satu state yang aktif. Sistem dapat beralih atau bertransisi menuju state lain jika mendapatkan masukan atau event tertentu, baik yang berasal dari perangkat luar atau komponen dalam sistemnya itu sendiri (misal interupsi timer). Transisi keadaan ini umumnya juga disertai oleh aksi yang dilakukan oleh sistem ketika menanggapi masukan yang terjadi. Aksi yang dilakukan tersebut dapat berupa aksi yang sederhana atau melibatkan rangkaian proses yang relative kompleks.

Rule System merupakan metode pengambilan keputusan berdasarkan pada aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan. RBS dapat diterapkan pada agen virtual dalam bentuk kecerdasan buatan sehingga dapat melakukan tindakan tertentu. Tindakan tersebut direpresentasikan oleh set aturan yaitu penyebab tindakan itu terjadi, proses tindakan dan hasil dari tindakan tersebut.


Arsitektur Game Engine

lvmgt.com

Arsitektur Game adalah rancangan atau blueprint dari sebuah game. Sedangkan  arsitektur mesin game adalah system perangkat lunak yang  dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Dapat dikatakan  bahwa arsitektur mesin game itu adalah rancangan dari sistem perangkat lunak dari game itu sendiri
Tujuan digunakannya game engine adalah untuk mempermudah pembuatan bagian‐bagian tertentu dalam game, membagi‐bagi pengembangan game menjadi modul‐modul tertentu, dan memudahkan kolaborasi antar pihak.

Game memiliki berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrograman. Berikut ini adalah beberapa tipe dari game engine.

Roll Your‐Game Engine
Game engine tipe ini lebih disukai karena selain gratis, game engine ini juga memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam mengitegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Namun kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya.

Mostly‐Ready‐Game Engine
Engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer/programmer. Semuanya termasuk conth GUI, phisycs, libraries models, texture dan lain‐lain. Banyak dari mereka yang sudah benar‐benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama. Game engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar‐benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak banyak terjadi error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine‐nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game‐nya. Dengan hal ini dapat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.

Point‐and‐Click Engine
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tetapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game‐game mereka secepatnya.





REFERENCE

http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html
https://www.klikmania.net/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/
http://herlinasningrum.blogspot.co.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html
http://vanillabluse.blogspot.co.id/2016/04/mengenal-lebih-jauh-game-engine-ogre-3d.html
http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html
https://resariski.wordpress.com/2011/03/10/pengenalan-ogre/
https://buahilmu.wordpress.com/2011/04/13/pengertian-artificial-intelligence-kecerdasan-buatan/
https://amiarrahman.wordpress.com/2016/04/23/arsitektur-game-engine/
https://alynthedoctor.wordpress.com/2016/04/25/arsitektur-game-engine/