Website Universitas Gajah Mada

wikipedia.org


Universitas Gadjah Mada Yogyakarta atau sering dikenal dengan UGM adalah salah satu kampus terbesar di Indonesia, khususnya Yogyakarta. 
Tidak bisa dipungkiri, banyak guru bangsa maupun orang-orang besar merupakan alumni kampus biru ini, Presiden Indonesia ke-7 misalnya, Bapak Ir. Joko Widodo.
Menurut situs Webometrics, UGM menduduki peringkat ke-3 Universitas terbaik di Indonesia, dan urutan ke 807 di dunia.
Di pembahasan kali ini, saya akan mengulas sedikit tentang universitas dan website UGM sendiri.




SEJARAH


Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional. Selain itu Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina di Indonesia Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas, satu sekolah Pascasarjana (S-2 dan S-3), dan satu Sekolah Vokasi. Universitas Gadjah Mada termasuk universitas yang tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

ugm.ac.id



VISI DAN MISI

Visi: 
Universitas Gadjah Mada sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi:
Menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat



FASILITAS PENUNJANG KEGIATAN MAHASISWA


Universitas Gadjah Mada menyediakan pelayanan fasilitas untuk mendukung pembinaan minat dan bakat mahasiswa, seperti fasilitas-fasilitas penunjang berikut:


1. Stadion Pancasila

Stadion ini terletak di kawasan lembah UGM dan digunakan untuk kegiatan sepak bola, atletik, hoki, serta kegiatan-kegiatan lain yang diizinkan Rektor UGM. Stadion ini dapat digunakan oleh mahasiswa dan sivitas akademika UGM serta masyarakat umum atas izin Rektor UGM.

2. Lapangan Tenis dan Badminton

Lapangan ini berlokasi di lembah UGM dan digunakan oleh Unit Tenis UGM, mahasiswa, dan sivitas akademika UGM lainnya. Pihak luar diperkenankan memakai lapangan tenis UGM setelah mendapatkan izin dari Rektor UGM.

3. Gelanggang Mahasiswa

Gelanggang Mahasiswa terdiri atas ruang Sekretariat Manajemen Gelanggang dan Sekretariat UKM, ruang rapat, dan hall. Manajemen Gelanggang berkaitan dengan pelayanan izin penggunaan fasilitas kemahasiswaan. Ruang sekretariat digunakan untuk sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sedangkan hall digunakan untuk kegiatan bola basket, voli, bulu tangkis, hoki, dan bela diri. Kegiatan kesenian menempati ruang kesenian. Jadwal peminjaman telah diatur Manajer Gelanggang Mahasiswa bekerja sama dengan Forum Komunikasi UKM. Untuk peminjaman di luar jadwal, UKM atau unit lain yang bersangkutan harus mengajukan surat permohonan atau surat izin kepada Direktur Kemahasiswaan melalui Manajer Gelanggang Mahasiswa dan fasilitas kemahasiswaan.


PETA KAMPUS


ugm.ac.id


ISI WEBSITE


Pada WEB ini, navigasi menu-nya berisikan tentang beberapa penjelasan mengenai fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Gajah Mada. Selain itu, berbagai berita mengenai seputar kejadian maupun kegiatan di UGM juga tersedia disini. Prestasi akademik dan fasilitas mahasiswa-nya tersedia, guna memberikan informasi kepada pengunjung sekilas tentang UGM. Navigasi tersebut kebanyakan adalah merupakan tautan menuju subdomain, ataupun anak website dari situs UGM tersebut.



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan :
  • Tampilan website yang cukup sederhana dengan tata letak yang simpel dan ringan untuk dikunjungi
  • Peletakan konten navigasi yang cukup menarik dan tidak membingungkan
  • Informasi yang tersaji cukup lengkap serta bermanfaat
  • Konten-konten yang selalu up to date
  • Cukup baik untuk sebuah web universitas
  • Dapat menggunakan 2 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
Kekurangan :
  • Tidak dapat membuat komentar
  • Terlalu banyak penggunaan navigasi yang menautkan ke subdomain lain
  • Kolom pencarian yang menautkan ke situs pencarian google, bukan kepada isi langsung dari web tersebut



SUMBER :