Maya adalah
aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan aset 3D untuk digunakan dalam film,
pengembangan televisi, permainan dan arsitektur. Pengguna menentukan ruang
kerja virtual (TKP) untuk menerapkan dan mengedit media suatu proyek tertentu.
Adegan dapat disimpan dalam berbagai format, default-nya adalah mb (Binary
Maya). Maya memperlihatkan arsitektur grafik simpul. Elemen yang node-based,
setiap node memiliki atribut sendiri dan kustomisasi. Akibatnya, representasi
visual dari sebuah adegan didasarkan sepenuhnya pada jaringan, tergantung pada
informasi satu sama lain. Untuk kenyamanan melihat jaringan ini, ada
ketergantungan dan grafik asiklik diarahkan.
Sebagai
software untuk membuat animasi 3D dan modeling dapat dikatakan Maya adalah yang
terpopuler, baik untuk modeling maupun animasi, khususnya character modeling
dan animation. Selain itu, Maya juga sering digunakan untuk mendesain special
effect untuk film.
Sejak
konsolidasi dari dua paket yang berbeda, Maya dan versi selanjutnya telah
berisi semua fitur yang sekarang telah unlimited suite yang artinya fitur-fitur tersebut sudah tidak dibatasi penggunaannya, fitur fiturnya antara
lain sebagi berikut :
1. Fluid Effects : Simulator cairan yang
realistis yang efektif untuk pembuatan
asap, api, awan dan ledakan
2. Clasisic Clot : Simulasi kain untuk secara
otomatis mensimulasikan pakaian dan kain bergerak realistis melalui karakter
animasi. Toolset Kain Maya telah ditingkatkan di setiap versi Maya dirilis
setelah Spider-Man 2. Alias bekerja dengan Sony Pictures ImageWorks untuk
mendapatkan Kain Maya sampai dengan awal untuk produksi itu, dan semua
perubahan yang telah dilaksanakan, meskipun studio besar memilih untuk
menggunakan plugin pihak ketiga seperti Syflex.
3. Fur : Hewan yang mirip dengan rambut di
simulasikan oleh Maya. Hal ini dapat digunakan untuk mensimulasikan lainnya
bulu-seperti objek, seperti rumput
4.
nHair : Sebuah simulator untuk realistis tampak
rambut manusia yang diimplementasikan dengan menggunakan kurva dan Efek Cat.
Ini juga dikenal sebagai kurva dinamis.
5. Maya Live : Satu set alat pelacakan gerak untuk
CG cocok untuk membersihkan plate footage.
6. nCloth : implementasi pertama dari Inti Maya,
kerangka simulasi Autodesk. Ini memberikan kontrol artis lanjut dari kain dan
simulasi materi.
7. nParticiple : mensimulasikan berbagai efek 3D
yang kompleks, termasuk cairan, asap awan, semprot, dan debu.
8. MatchMover : memungkinkan composite elemen CGI
dengan data gerakan dari urutan video dan film.
9. Camera Sequencer : digunakan untuk gambar tata
letak kamera ganda dan mengatur mereka dalam satu urutan animasi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar