Si Cantik Maya

Maya? Nama orang? Bukan!
Nama perempuan cantik? Bukan Juga!!
Aduh terus Maya itu siapasih? Dia apaan kalo bukan orang??


Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006), Autodesk yang juga pencipta software 3D sejenis seperti 3ds Max dan juga AutoCAD. Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Software ini adalah software berbayar bukan opensource. Biasanya software ini dipakai oleh para developer film animasi atau juga pengembang software game-game berbasis 3D.




 Sebagai software untuk membuat animasi 3D dan modeling dapat dikatakan Maya adalah yang terpopuler, baik untuk modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan animation. Selain itu, Maya juga sering digunakan untuk mendesain special effect untuk film.
Perbedaanya dengan software sejenis seperti 3DS Max ataupun Blender dan lain sebagainya sebenarnya tidaklah terlalu jauh, karena semua software tersebut sama-sama mempunyai workspace yang bisa diatur sesuai keinginan user agar lebih mudah dilihat, mempunyai tools-tools yang juga hampir sama seperti move, rotate, scale, dan lain sebagainya.
Sedemikian populernya software Maya hingga industri perfilman Hollywood banyak menggunakannya dalam karya mereka, baik untuk pembuatan video klip, membuat film animasi seperti Finding Nemo, film pendek hingga karya besar berupa film kolosal semacam Lord of The Ring (LOTR).



Bahkan, Maya juga digunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin loh!! Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya.
Kelebihan-kelebihan lainnya dari Maya adalah software ini memiliki kemampuan untuk kerajinan objek 3-D kustom dan memungkinkan pengguna untuk secara bebas dan mudah memanipulasi masing-masing titik individu yang memungkinkan untuk rasa kontrol dan fleksibilitas.





Dibalik kelebihan-kelebihan tersebut, Maya pasti juga memiliki kelemahan-kelemahan, diantaranya Maya tidak berisi fitur Bi-PED seperti 3DS Max, yang berarti bahwa untuk menciptakan struktur rangka untuk karakter pengguna banyak membangun satu set “tulang,” banyak seperti membangun kerangka dari bawah ke atas. Hal ini dapat memakan waktu untuk melakukannya. Juga, antarmuka untuk Maya 3D belum tentu sesuatu yang baik untuk pemula dan mungkin membingungkan beberapa pengguna pertama kali.

Untuk belajar serta mengetahui dasar-dasar dalam Maya, Youtube tentu saja sarana terbaik untuk menyaksikan tutorial-tutorial yang bisa diperlajari. Namun sayang, software ini adalah software berbayar. Sehingga harus sedikit merogoh kantong untuk mulai menggunakan software ini.

Berikut adalah video Youtube tentang pengenalan, apa saja yang bisa kalian lakukan dengan software yang luar biasa ini!





Sumber :
Youtube.com