Blender??

    


     Blender merupakan software yang digunakan dalam modeling 3D dan animasi. Blender merupakan software yang berlisensi sebagai open source. Blender awalnya dikembangkan sebagai alat produksi dalam lingkungan internal perusahaan animasi. Ton Roosendaal selaku pengembang utama dari software Blender memiliki Blender Institute yang bertujuan untuk selalu mengembangkan, mendokumentasi, melakukan pelatihan proyek dukungan serta mempertahankan host layanan blender.org yang menjadi situs resmi software ini. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. 

      Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering. Jika Anda pernah melihat film animasi atau menonton tv ketika pengambilan gambar dimana ada aktor yang sedang berlari dikejar oleh monster padahal sebenarnya dia hanya berdiri dalam ruangan kosong berwarna hijau. Itu semua adalah kemampuan dari grafik komputer 3D. Di tangan yang tepat, Blender dapat membuat animasi semacam itu. Dengan latihan Anda pun bisa membuat animasi 3D. 




      Selain membuat video, Blender juga dapat digunakan untuk membuat game lohh!!  Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, karena Blender sudah memiliki Game Engine sendiri dan menggunakan Python sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll. Bukan hanya itu saja, masih banyak kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Blender, diantaranya adalah :

  1. Interface user friendly dan tertata rapi
  2. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping
  3. Texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting
  4. Rendering, compositing, post production dan game creation.
  5. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
  6. Dapat anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
  7. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih
  8. Cepat dan efisien.
  9. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
  10. File Berukuran kecil.
  11. Free (gratis)

Namun, dibalik kelebihannya blender juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya :
  1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan software Blender
  2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada blender



Kok Bisa Gratis?

      Apa yang membuat Blender berbeda dari perangkat lunak 3D lainnya adalah aplikasi Blender merupakan proyek open source dan diberikan secara gratis. Namun karena alasan itu pula, proyek open source seperti Blender mengandalkan bantuan dari penggunanya untuk ikut mengembangkan atau membiayai pengembangan Blender.

       Nah dari segi biaya, Blender adalah aplikasi 3D modeling dan animasi yang sangat cocok untuk perusahaan animasi kecil, pekerja lepas, pembuat film independen, para pelajar yang baru mempelajari grafik komputer 3D, dan bagi mereka yang hobi dengan animasi komputer.




Kenapa Memilih Blender?

      Blender memiliki license yang bersifat terbuka dengan diperbolehkan untuk keperluan pribadi maupun komersial dengan sesuai General Public License (GNU). Blender juga dapat di gunakan pada beberapa OS seperti, Linux, Mac dan Windows. Kita dengan mudah mendapatkan versi rilis terbaru dari Blender dengan langsung mengunjungi websitenya yaitu blender.org. Blender juga dapat berjalan di laptop yang minimalis dengan RAM 512.

        Disamping itu, untuk mempelajari Blender, kita dapat menemukannya banyak sekali tutorial di Google maupun Youtube. Banyak sekali tutorial-tutorial yang sangat bermanfaat untuk mempelajarinya. Sehingga untuk seorang pemula, dapat mempelajari dengan cepat dan mudah.






Sumber :