CGI Bisa Menghidupkan Orang?




CGI bisa menghidupkan kembali orang? Eits, jangan ketipu dulu sama judulnya..
Kenapa saya sebutkan CGI bisa menghidupkan kembali orang? Ya karena itulah yang terjadi pada film Fast and Furious 7. Dalam film ini, kita dapat melihat kembali seorang Paul Walker masih ikut bermain dalam film tersebut, padahal dia sudah dinyatakan meninggal akibat insiden kecelakaan mobil, sebelum film ini rampung dibuat. Sosok Paul Walker dapat ‘dihidupkan’ kembali dengan memanfaatkan teknologi CGI (Computer Generated Imagery).

CGI merupakan teknik penggunaan grafik komputer 3D dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, acara televisi dan iklan, dan juga media cetak. Bahkan, hasilnya pun dapat membuat gambar tersebut menjadi seolah-olah benar-benar ada. Penerapan CGI juga merupakan salah satu bagian dari penambahan special effect dalam proses pembuatan film.


CGI digunakan untuk efek visual komputer karena efek yang dihasilkan akan lebih terkontrol dibandingkan lainnya berdasarkan proses fisik, seperti membangun miniatures untuk efek gambar atau mempekerjakan tambahan, dan karena itu memungkinkan penciptaan gambar yang tidak layak menggunakan teknologi lain. Hal ini dapat juga mengizinkan seorang seniman atau produser untuk menghasilkan konten tanpa menggunakan aktor, pelayanan yang mahal.




Teknologi CGI semakin berkembang sehingga memungkinkan dalam sebuah adegan berbahaya, sang aktor digantikan oleh aktor ciptaan komputer dengan perbedaan yang tidak terlalu mencolok.
Namun, teknologi ini termasuk mahal dan lama dalam proses pembuatannya. Bayangkan saja, ternyata waktu yang dibutuhkan untuk rendering tiap frame sekira 2-3 jam, bahkan bisa 10 kali lebih lama untuk menciptakan adegan yang sangat kompleks.
Tapi ternyata teknologi ini banyak sangat membantu para sutradara dalam mencari pemeran tambahan untuk adegan keramaian, atau menggantikan aktor yang sakit sampai yang sudah meninggal seperti Paul Walker. 




Sumber :