Review Game - SimCity : BuiltIt


Tampilan awal game
Sumber : ardiologi.com


Apaan sih SimCity? SimCity BuildIt adalah SimCity versi PC yang EA keluarkan khusus untuk pengguna mobile, mirip seperti versi PCnya. Game ini lebih terlihat sebagai game simulasi yang penuh dengan waktu menunggu. Membangun apapun itu atau memproduksi sesuatu, selalu diikuti dengan waktu tunggu sekian detik atau menit, tergantung jenisnya. Mirip dengan permainan The Sims, bedanya adalah disini kita membangun kota, bukan rumah tangga hehe.

Tampilan Game SimCity : BuiltIt
Sumber :  Dokumen Pribadi

Dalam permainan ini, kita akan berperan sebagai walikota yang tugasnya membangun kota agar warganya bahagia. Dari kota yang ga ada apa-apanya, jadi kota megapolitan yang modern dan ramai penduduknya. Sebelum menjadi kota megapolitan, pastinya perlahan kita harus membangun kota dari nol. Dari yang rumahnya cuma satu, sampai rumah elit yang dihuni oleh banyak orang.

Sebelum mambangun tempat tinggal, pertama adalah kita membangun pabrik yang mensuplai bahan-bahan untuk membangun dan mengembangkan rumah. Syaratnya adalah kira memperkirakan jarak aman lokasi pabrik dengan lokasi pemukiman penduduk. Selain itu pabrik-pabrik dan perumahan harus nempel dengan jalanan, supaya warganya punya akses masuk. 

Pabrik tempat membuat bahan pembangunan kota
Sumber : Dokumen Pribadi

Disini kita juga harus membangun jalanan, kerennya kalau jalanannya mulai padat dan penduduknya banyak yang protest, kita bisa upgrade jalan tersebut supaya ga macet lagi. Situasinya pun dibuat serealistis mungkin, seperti ada siang dan ada malam. Ada juga bencana yang bisa kita ciptakan sendiri jika mencapai pada level tertentu.
Toko-toko kebutuhan warga kotaa
Sumber : Dokumen Pribadi

Dalam membangun dan mengembangkan perumahan, tentunya kita juga harus menempatkan sumber daya air dan listrik. Selain itu kita juga harus membangun fasilitas penunjang seperti kantor pemadam, kantor polisi, toko, dan taman hiburan supaya warganya tetap nyaman dan tingkat kebahagiaannya tinggi.
Kita juga dapat menjual dan membeli barang kebutuhan untuk pembangunan yang dapat di jual pada Trade Center. Kemudian pada level tertentu, kita juga dapat membangun bandara, pelabuhan, bahkan pusat bencana.
Tempat penjualan bahan
Sumber : Dok. Pribadi
Tempat pembelian bahan
Sumber : Dok. Pribadi

Eit, keliatannya sih gampang ya.. tapi kenyataannya kita harus sabar nunggu pembangunan dan proses pembuatan bahannya loh. Apalagi kalau pembangunan kita lambat, banyak warga yang protes sehingga tingkat kebahagiaannya dapat menurun drastis.
Selain itu untuk memenuhi segala kebutuhan warganya pastinya gak gratis, kita membutuhkan uang yang didapat setiap kita berhasil menjual barang maupun setiap mengembangkan sebuah bangunan. Dalam game ini, juga disediakan balai kota tempat para warga membayar pajak, tentu ini juga salah satu sumber pemasukan kota. 
Pada segi visual dan gameplay-nya, dapat dikatakan game ini merupakan salah satu game terbaik. Terlebih untuk orang-orang yang senang bermain game simulasi seperti saya hehe. 
Kelebihan lainnya yang saya sukai dari game ini adalah layout atau tata letak bangunan yang dapat dipindahkan sesuka hati kita tanpa perlu adanya biaya. Game ini juga menyediakan pembelian uang dalam permainan dengan pembayaran melalui kartu kredit. Namun, bagi kalangan kere macam saya tentunya harus lebih banyak bersabar dalam mengumpulkan pundi-pundi uang yang hanya bersumber dari permainannya saja. 
Kekurangan dari game ini, yaitu menguras cukup banyak baterai, sehingga harus sering ngecharge, apalagi gamenya bikin ketagihan. Satu lagi, game ini juga butuh koneksi internet, sehinggu cukup menghabiskan banyak kuota.