FTP (File Transfer Protocol)


Apa itu FTP?

FTP merupakan fasilitas protokol aplikasi yang biasa digunakan untuk mentransfer file seperti tulisan, gambar, musik, dsb. Aplikasi tersebut dikembangkan untuk pertukaran file yang tidak bergantung pada jenis komputer. FTP bekerja menggunakan layer transport TCP yang bersifat connection oriented. bit stream, dan reliable. 

Proses FTP menggunakan FTP sebagai client, dan FTPD sebagai server. 
FTP Server adalah suatu server yang menjalankan software layanan file transfer yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request dari client. Sedangkn FTP Client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP Server untuk transfer file. Jika keduanya terhubung, maka client dapat mengunduh maupun mengupload file sesuai dengan izin yang diberikan FTP Server.




Berbeda dengan koneksi telnet, ada 2 jenis koneksi yang terjadi. Sesuai dengan namanya, tugas protocol FTP ini adalah mentransfer file dari komputer satu ke komputer lainnya. Ini tidak tergantung dari lokasi komputer itu berada, bagaimana cara koneksinya, atau bahkan sistem operasinya. Selama komputer tersebut mempunyai akses ke Internet , berarti fasilitas FTP bisa digunakan. Dengan kata lain selama sistem komputer tersebut memiliki protocol TCP/IP, maka fasilitas FTP dapat digunakan. Seperti juga telnet, FTP juga mempunyai akses berbagai macam database dan service. Dapat ditemukan berbagai macam dari file artikel hinggai software dengan cuma-cuma. Bagi seorang peneliti maka fasilitas FTP sangat membantu dalam membantu kerja dan ada yang menganggap bahwa FTP merupakan suatu sarana umum untuk saling membagi data. 

FTP adalah program yang complex karena ada beberapa cara untuk memanipulasi file dan struktur file. Beberapa format untuk menyimpan (binary atau ASCII, compress atau uncompress, dll) dan ada beberapa cara tambahan untuk mendapatkannya secara benar. Akan dibahas juga sekilas tentang FTP anonymous. Hampir semua public archives mempunyai fasilitas ini.

Protocol FTP menggunakan 4 karakter ASCII yang diakhiri dengan karakter NEWLINE. Beberapa kode membutuhkan parameter setelah kode tersebut. Keuntungan menggunakan karakter ASCII, adalah untuk memudahkan user melihat aliran perintah dalam upaya pemeriksaan pentrasnferan file.. Juga memudahkan untuk mengakses ftpserver tanpa menggunakan ftp client.

FTP biasanya menggunakan port 21, FTP server akan listening pada port 21 untuk incoming koneksi dari FTP client melalui TCP. Pada FTP Server, terdapat 2nmode koneksi, yaitu Active dan Passive.

Di dalam pemakaian FTP, dikenal ada 2 macam hak akses bagi pemakai, yakni


  1. Setiap pemakai dapat menggunakan FTP untuk mengakses sebuah host (dengan gratis). Hal ini dikenal sebagai anonymous FTP. Pemakaian anonymous FTP ini adalah dengan cara memasukkan loginnya anonymous dan passwordnya dapat berupa alamat mail atau guest atau tanpa password (tergantung dari host yang akan dituju).
  2. Hanya pemakai tertentu saja yang dapat menggunakan FTP untuk mengakses sebuah host (biasanya pemakai tersebut merupakan anggotanya - dengan biaya tertentu). Pemakaian FTP ini adalah dengan cara memasukkan loginnya dan passwordnya sesuai dengan yang telah didaftarkan sebelumnya.


Penulisan Alamat FTP Server



Bila ingin menghubungi FTP Server tertentu, digunakan sistem alamat yang juga dipakai untuk dokumen WWW. Namun tidak dimulai dengan HTTP:// melainkna tentunya dengan FTP://. Dengan demikian client memberikan informasi kepada browser, protokol mana yang dibutuhkan. Keterangan protokol diikuti oleh alamat DNS FTP Server yang akan dihubungi.

Berikut adalah alamat beberapa FTP Server di Eropa : 
Berlin     ---- ftp.cs.tu-berlin.de
Belgia     ---- c1.kuleuven.ac.be
Perancis  ---- ftp.irisa.fr
Belanda  ---- ftp.cs.tuu.ni
Swiss      ---- ftp.ifi.unizh.ch




DAFTAR PUSTAKA 

Siswanto, Novyan. 2010. Satelit TIK. Jakarta: CV. Dunia Pustaka.

Nolden, Mathias. 1995. World Wide Web di Internet. Jakarta: PT Elex media Komputindo.

Prasetyo, Imam. 2013. Simulasi dan Monitoring FTP. http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2013/06/imam-ftp.pdf. 15 Maret 2016.

Wiryana, I Made. 2000. FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP).http://repository.shuffahalquran.com/X-Files/c_free-ebook/network/20000609_File-transfer-protocol_IMadeWiryana.pdf. 15 Maret 2016.