Analisis Website UGM



Setelah kita membahas tentang isi dan konten yang terdapat pada pembahasan sebelumnya mengenai situs Universitas Gajah Mada (www.ugm.ac.id), kita akan menganalisa tentang performa, kepopuleran, dll. yang dimiliki oleh situs tersebut. Kali ini kita akan menggunakan 2 situs free tools yaitu alexa.com dan website.grader.com untuk menganalisa situs www.ugm.ac.id








Situs Alexa.com merupakan situs yang  yang menyajikan peringkat atau rangking dari sebuah website atau web blog. Situs ini akan memberikan informasi terkait jumlah lalu lintas pengunjung pada situs tertentu. Situs Alexa ini bisa dibilang cukup akurat dalam memberikan rangking pada sebuah situs. Hal ini dilandasi karena situs Alexa.com didirikan berdasarkan konsep informasi yang tepat dan cukup relevan bagi para pengguna internet.


Traffic Rank dan Audience Geography

Menampilkan peringkat website secara global dan secara wilayah negara (Indonesia)



Menampilkan asal usul pengunjung terbanyak pada situs ini 



Seberapa sering dipakai atau dikunjungi sih?

Menampilkan rata-rata jumlah dan lamanya kunjungan visitor terhadap website dalam persen


Gimana sih mereka bisa masuk ke website ini? Darimana mencarinya? 

Menampilan keyword yang digunakan pengunjung dalam mendapatkan dan mengunjungi situs ini 




Subdomain apa saja sih yang terbanyak dikunjungi dari website ini?

Menampilkan daftar subdomain yang ditautkan dan yang sering dikunjungi oleh visitor



Seberapa cepat nih website? Dan siapa aja yang mengunjunginya kira-kira?

Menampilkan kecepatan load dari website


Menampilkan pengunjung website berdasarkan jenis kelamin, lokasi pengaksesan, dan pendidikan pengunjung berdasarkan informasi hasil kerja sama dengan google.



=====================================================================




Website grader adalah alat kegunaan SEO gratis dan berguna yang dapat membantu para peneliti mengidentifikasi isu-isu dalam sebuah situs web yang mungkin perlu ditangani. Website grader menganalisis 22 indikator kunci keberhasilan SEO, termasuk on-page dan off-page faktor.




OVERALL


Secara keseluruhan, situs www.ugm.ac.id, memiliki nilai 49 dari 100. Hampir 50% dari kualitas terbaik penilaian situs oleh Website Grader.


PERFORMA

  • Ukuran Halaman yang diakses memiliki ukuran yang kecil yaitu sebesar 791kb, hal ini tentu mempercepat kinerja pengaksesan twebsite. 
  • Permintaan Halaman  pada website ini memiliki respon terhadap request yang tidak terlalu buruk, hal memungkinkan respon terhadap request dari server agak sedikit lama, namun  masih tetap membuat pengunjung nyaman 
  • Kecepatan Halaman diakses dengan waktu yang sedikit lama menurut tools ini, yaitu 8.8 detik



TAMPILAN MOBILE



Untuk tampilan mobile pada website ini, masih memiliki nilai 15 dari 30. Respon terhadap pengaksesan mobile masih terbilang belum sempurna dan cukup lama



SEO



Penilaian tools ini terhadap SEO (Search Engine Optimazion) memiliki nilai 20 dari 30, dimana Meta Desription dan Headings memiliki nilai yang cukup buruk. Sementara untuk Page Titles dan SiteMap dinilai sudah cukup baik. 



KEAMANAN




Dalam hal keamanan, website ini belum dapat dibilang aman karena tidak dimilikinya SSL Certificate, yaitu untuk mengamankan transmisi data melalui situs web. Transmisi data seperti informasi kartu kredit, nama pengguna dan password account, semua informasi sensitif lain harus diamankan untuk mencegah eavesdropping, pencurian data pada saat proses transaksi online, dan lain-lain. 



SARAN



Pada tools Website Grader ini, situs juga diberi saran langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kekurangan yang teridentifikasi, sehingga website dapat memiliki performa dan kualitas yang lebih baik lagi.





SUMBER :