Analisis Program - Pemrograman Jaringan

Latihan 1: getIP.java



Listing program di atas digunakan untuk mendapatkan IP lokal. Pada listing tersebut menggunakan library java.net.* untuk mengakses method yang berhubungan dengan network. Untuk mengakses IP dari komputer kita harus memanggil local host dengan perintah getLocalHost dan perintah getAddress untuk mengambil IP. Pendeklarasian array dengan tipe data byte dengan nama ip yang nilainya diambil dari variable host.

Output :





Latihan 2 : getName.java



Listing program di atas digunakan untuk mendapatkan nama komputer kita. Pada getName.java juga menggunakan library java.net.* serta variabel host. untuk mendapatkan nama komputer, maka gunakan perintah getHostName

Output :



Latihan 3 : IptoName.java


Listing diatas untuk menampilkan Nama PC saat kita sudah mengetahui IPnya.
Percabangan if berfungsi untuk mengecek panjang array pada fungsi utama jika sama dengan 0 maka program akan mencetak "pemakaian : java IPtoName ". Program akan keluar dan mendeklarasikan kembali nilai variabel host yaitu array 0 dan untuk variabel address pada object InetAddress bernilai null. 
Try dan catch berfungsi jika terdapat kesalahan maka program akan mencetak Invalid IP - malformed IP dan program akan keluar. Namun jika tidak ditemukan kesalahan maka program akan mencetak nama komputer user.

Output :




Latihan 4 : Nslookup.java




Listing ini menggunakan library java.net, dengan pemberian kondisi jika panjang argumen adalah 0 maka akan dicetak pemakaian programtulisan “Pemakaian: java NsLookup <hostname>” lalu keluar dari program. 
Pemakaian variabel string dengan nama host yang mana befungsi sebagai media menyimpan nilai array argumen pada indeks 0.
try catch berfungsi ketika variable address akan mengambil nilainya dari host, dan catch akan mengecek jika nama host tidak diketahui maka akan mencetak pesan error kemudian keluar dari program.

Output :



Latihan 5

SimpleServer.java


SimpleClient.java

SimpleServer.java digunakan library java.io dan java.net. Lalu dibuat variabel Testport dengan nilai 5000, variabel ServerSocket bernama checkserver, variabel bertipe string dengan nama line , variabel untuk BufferedReader bernama is, variabel untuk DataOutputStream bernama os, dan variabel Socket bernama clientSocket.
Kemudian diberikan try catch, pada try akan dibuat objek baru untuk serverSocket dengan nilai dari TESTPORT yang kemudian disimpan di variabel checkServer, lalu dicetak bahwa server berjalan. Lalu dibuat try catch lagi dimana variabel clientSocket akan menerima koneksi dengan checkServer.accept()
Pesan yang diterima dibandingkan dengan kata “salam” menggunakan kondisi, jika sama maka variabel os akan menulis “salam juga”, jika tidak sama dengan kata “salam” maka akan dicetak bahwa program tidak mengerti.

Pada SimpleClient.java, juga akan melakukan koneksi ke socket 5000 yang disimpan pada variabel REMOTE_PORT sehingga dapat terhubung dengan server. Pada program ini akan mencetak "Masukkan kata kunci: " yang kemudian user diminta untuk melakukan input. Hasil input tersebut kemudian akan dikirimkan ke server dan dilakukan pengecekan dengan kondisi yang ada pada server. Kemudian dari hasil kondisi server tersebut akan dikirimkan lagi ke client dan di cetak "Dari server: " beserta "salam juga" atau "Maaf, saya tidak mengerti", tergantung hasil dari apa yang diinput oleh user tadi.


Output :

SimpleServer.java


SimpleClient.java